Jumat, 05 November 2010

PENYEBAB TERJADINYA BENCANA ALAM DI INDONESIA

Definisi bencana alam adalah suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di muka bumi ini. Bencana alam yang terjadi di muka bumi berakibat kerusakan alam dan lingkungan sekitarnya, sehingga menyebabkan lingkungan dan alam sekitar yang kita cintai ini menjadi rusak atau lingkungannya sudah berbeda dengan sebelum bencana tersebut terjadi, dengan kata lain bentuknya sudah tidak beraturan seperti aslinya.
Indonesia, hampir setiap tahun selalu ada bencana yang menimpa bangsa indonesia. bencana terjadi tidak jauh dari ulah manusia sendiri atau tidak peduli dengan lingkungan. Bencana terjadi karena manusia kurang memperhatikan dan memperbaiki  alam semesta ini, hal ini menyebabkan sering terjadinya bencana atau musibah.
Indonesia, memiliki hutan-hutan yang begitu banyak. akan tetapi, para manusia salah memanfaatkannya. Dari faktor hutan yang salah menggunakannya saja sudah menjadi sebab-sebab bencana alam yang akan terjadi. Dan, banyak manusia yang menjadikan kekayaan hutan menjadi lahan usaha, bisnis, dan lahan mencari sebuah keuntungan. tetapi banyak diantara mereka yang menggunakan cara-cara yang tidak benar seperti menebang pohon-pohon yang ada di hutan secara ilegal dan tanpa perizinan dari menteri kehutanan.
Dari hal menebang pohon yang ada dihutan secara ilegal dan tanpa perizinan dari menteri kehutanan. Menyebabkan banyak hutan-hutan yang gundul dan banyak terjadi pembakaran hutan yang menyebabkan tanah mudah longsor. akibatnya sering terjadi bencana longsor. ini sangat merugikan banyak  manusia yang tinggal didaerah itu. Dari efek penebangan hutan secara liar dan akibatnya menjadi longsor. Tidak hanya longsor saja yang menjadi efek penebangan hutan tetapi banjir juga berpengaruh dari penebangan hutan tersebut.
Bencana yang ada di Indonesia lumayan banyak seperti gunung meletus, gempa bumi, Tsunami, Banjir, Angin Topan, dan Tanah Longsor. Bencana ini terjadi karena berbagai sebab di antaranya wilayah Indonesia yang dilintasi oleh dua jalur pegunungan yaitu Pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania yang menyebabkan banyak gunung berapi. Aktivitas
gunung berapi menyebabkan terjadinya gempa vulkanik, sedangkan pergeseran lempeng benua menyebabkan gempa tektonik. Bila pusat gempa terjadi di lautan maka akan terjadi badai tsunami. Iklim di Indonesia menyebabkan angin musim yang kadang-kadang bisa terjadi angin topan, sedangkan curah hujan yang terjadi menyebabkan banjir dan tanah longsor.
Bencana tersebut tidak dapat kita hindari lagi sebab bancana datangnya tiba-tiba dan tidak ada seorang pun dari kita yang mengetahui kapan bencana alam itu terjadi. Tapi ada pula benca alam yang terjadi karena ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Berdasarkan data yang terdapat di BLK (Badan Lintang Kehutanan),Departemen kehutanan. Kerusakan hutan atau bencana alam yang terjadi dan di akibatkan oleh hutan di Indonesia itu biasanya di sebabkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab yang sering kali menebang hutan secara sembarangan. Akibat ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertangung jawab tersebut maka Indonesia sering kali mengalami bencana banjir, longsor dan lain-lain. Banjir terjadi karena hutan yang gundul tidak dapat lagi menyerap air, tapi ada juga banjir yang disebabkan oleh manusia yang sering membuang sampah secara sembarangan, sehingga mengakibatkan air sungai meluap dan menyebabkan banjir.
Jadi  jangan heran apabila di Indonesia sering terjadi bencana banjir. Apalagi di Indonesia sedang mengalami musim penghujan, maka tidak banyak kota di Indonesia yang terendam akibat banjir dan longsor. Karena sesungguhnya hutan sangat bermanfaat, contohnya sebagi penyangga air  yang berlebihan bila di musim hujan. Kerugian yang diakibatkan oleh bencana banjir antara lain, hilangnya lapisan permukaan tanah  yang subur karena pengikisan, rusaknya tanaman, dan pastinya akan merusak keindahan alam Indonesia ini. Bencana banjir adalah bencana yang selalu di alami oleh Negara Indonesia.
Jadi semua bencana alam yang terjadi, akan sangat merugikan kita dan masyarakat yang terlahir sebagai makhluk sosial. Agar semua kegiatan yang kita lakukan dapat bermanfaat dan berguna. Oleh karena itu kita harus melestarikan alam sekitar dan menjaganya dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, agar generasi yang akan datang bisa menikmati keindahan alam kita ini. Maka di dalam individu masing-masing harus memiliki sikap atau rasa peduli yang kuat terhadap pentingnya dalam menjaga dan melestarikan alam sekitar. Salah satu cara yang paling sederhana adalah seperti : membiasakan membuang sampah pada tempatnya, memperbanyak menanam pohon, dan lakukan gotong royong dalam membersihkan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar